Langsung ke konten utama

OSN SMP DIY 2014 - Praktikum Itu...

pagi itu, 17 Mei 2014 kami sepakat buat kumpul di ruang makan sekitar jam 6 *ga boleh ngaret* mau rembug sama doa bersama, meredakan ketegangan bersama tentunya~ dan kumpullah kita diruang makan, menguatkan satu sama lain, dan masih ada yang sempet main game, ngebanyol, dan bertindak kurang ajar.
bahkan ada yang bikin dare buat siapa saja anak DIY yang berhasil dapat medali akan dibully habis-habisan*kalian anak DIY pasti tau yang bikin dare aneh yang gagal ini.

kami pun bersiap masuk bis, pak iwan mempersilahkan para cewek masuk bis dulu, dan kami ga pada satu bis. karena nggak sempat mikir main.di perjalanan, aku pun ga mau ngobrol. aku berdzikir dan membaca (tepatnya membuka-buka) buku yang aku bawa.

dan setelah perjalanan yang lumayan jauh, sampailah kita anak biologi dan IPS di SMP N 8 Padang, ternyata kita harus berjalan beberapa meter melewati gang yang becek *eh.. di depan, kita disambut oleh pedagang souvenir OSN dan beberapa karangan bunga. lalu kita baris dan di beri pengarahan,dan pembagian pos transit, untuk biologi, dibagi menjadi 4 pos sesuai nomor urut dengan masing-masing satu pendamping untuk setiap pos. dan mereka mengerjakan tes yang berbeda (bisa dibilang giliran).

materi yang diujikan adalah

  • keanekaragaman tumbuhan 
disini, kita dituntut untuk bisa mengidentifikasi 10  spesimen tanaman (herbarium) dengan kunci dikotomi (banyaklah ngapal istilah yang berkaitan dengan Anatomi tumbuhan ya!) dan banyak istilah asing yang luput dari pembahasan di pelatihan. unfortunately, pos ku dapat giliran pertama ngerjain ini dan ini bikin mental jadi rada down.

  • Fisiologi hewan
mengukur laju respirasi serangga. jangkrik tepatnya. alat yang digunakan respirometer, KOH, sama vaselin dan eosin. kita diminta membandingkan lebih cepat mana respirasi dengan 1 jangkrik/ 2 jangkrik. lumayan ini, prosesnya, udah pernah latihan di sekolah. ngitungnya yang menantang. aku ga tau cara ngitung laju respirasi booo:(. dan jadilah aku pake rumus rata-rata biasa xD.


  • genetika
praktikum ini yang semaleman jadi buah bibir anak biologi DIY, jadi semaleman mayoritas kita membahas genetika dan itu kancing genetika. ternyata, yang keluar bukan itu. tapi, KARIOTYPING*sangat tabu bagi saya. telah disediakan 1 lembar berisi gambar kromosom manusia, dan 1 lembarnya lagi, kromosom manusia yang masih diacak, lem, gunting, benang. setelah dijelaskan, ternyata tugas kita cuma mencocokkan dan menempel kromosom yang sama di sebelah kromosom pasangannya.~ga sehantu yang dibayangkan. tapi pertanyaannya yang agak menantang* atau aku yang ga tau. Apakah kromosom tersebut mengalami kelainan?

di praktikum ini juga, aku mengalami peristiwa menyebalkan, ada seseorang tanya ke pengawas
 "bu, boleh pake tip-ex ga?"
dan pengawas menjawab, "ga boleh dek."
 "kalau udah terlanjur?"
" nanti ada penaltinya sendiri!"
JREEENG, DUAR! punyaku udah ada tipe exnya T.T, bakalan kena penalti deh! padahal pas fisiologi hewan sama keanekaragaman tumbuhan boleh pake tip ex lho. aku pun jadi pasrah. Yang penting Dhea Sudah mengeluarkan Kemampuan terbaiknya.
setelah keluar ruangan, tip exnya aku buang.
  • struktur dan fungsi hewan dan tumbuhan
ini dia yang menurutku paling tidak memeras otak ( tapi memeras ingatan :v). jadi, tes ini pakai sistem responsi. disajikan alat peraga/bagan/preparat di mikroskop, menjawab pertanyaan yang tertulis, kalau sudah satu menit pindah meja lain, ganti soal.

ada lagi kejadian yang seharusnya ga terjadi, karena penjagaan yang kurang ketat, ada yang sengaja, atau TIDAK SENGAJA  membocorkan tes responsi. dan uniknya, temanku se provinsi yang berdua satu pos itu (colek disya & noura)malah ngomongin responsi yang belum aku kerjakan. aku pun dapat sedikit bocoran, tapi ga kupakai mentah-mentah sih, habis ga guna juga, lha aku udah tahu kok.

praktikum yang melelahkan sekaligus menyebalkan itu selesai jam 2 siang. mending. anak IPS selesai jam 6 sore. malamnya masih ada pengamatan langit. pffft... enak lagi anak matematika. ga ada praktikum, 2 hari cuma buat teori. tapi ga bikin iri juga sih, habisnya aku nggak bisa ngerjain soal kalian~

bonus pict
ini ga mutu, jailin tas temen habis praktikum 
dan setelah praktikum, aku orang tuaku telpon, intinya tanya gimana praktikumnya? akupun jawab sambil nahan nangis dan tentunya ngumpet di lemari pakaian yang ga ada tutupnya dan cukup untuk kududuki. Kenapa?pikiranku ini sangat dihantui oleh tip ex dan penaltinya T.T. lalu, aku  belajar di kamar dan diskusi bareng sama teman-teman sekamar untuk menyiapkan tes teori besok. ini harapan terakhir,akujuga  merasa tanganku ini kurang terlatih untuk melakukan praktikum. dan tip ex dengan penaltinya (saat itu, yang terbayangkan adalah pengurangan nilai) T.T selalu menghantui sampai aku ga bisa tidur nyenyak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fakultas Biologi UGM at a Glance

Selamat datang di Biologi UGM :) Nggak terasa udah satu semester terlewati, padahal baru kemarin rasanya dibukain pengumuman SBMPTN dan jadi maba unyu dengan segudang ekspektasi di UGM. Tiba-tiba kepikiran pengen cerita sekilas biologi, biar pada ga suren amat tentang biologi, terutama Bio UGM. Semoga bermanfaat buat kalian yang mau jadiin biologi pilihan pertama atau cadangan. Biologi ngapain aja sih? belajar apa? materinya sama kayak SMA ga? Jangan dikira belajar di fakultas biologi kaya belajar biologi SMA. Beda jauh, kalau di biologi SMA, modal buku saku atau catatan bimbel dan hafal niscaya nilai ujian akan bagus, tapi di Fakultas Biologi jangan harap bisa gitu. Di bangku perkuliahan, kamu akan belajar lebih banyak analisis yang melibatkan biologi untuk menyelesaikan berbagai masalah. Jadi, jangan harap nilai bisa bagus dengan modal catetan les :P Mata kuliah Fakultas Biologi UGM apa aja? Bisa diliat di gambar ini Ga tau artinya itu matkul? Bisa di Googling a

COVID-19 : Ga Ada Gunanya Jadi Ilmuwan di Negeri +62

Setelah sekian lama tidak menulis blog, hari ini saya menulis lagi ditengah Ujian Tengah Semester, laporan praktikum yang masih menumpuk. Tapi, tidak apa-apa juga. Toh, apa salahnya seorang Mahasiswa Biologi Semester empat belajar hal lainnya. Apa salahnya seorang Mahasiswi Biologi baca berita dan mengikuti perkembangan berita terkini. Kalau yang kita tahu cuma ilmu biologi, ilmuwan-ilmuwan seperti kita-kita ini gampang sekali lah ditipu. Kalau kita tidak belajar yang lainnya, pemerintah berbuat seenak sendiri sama ilmuwan juga kita tidak ada dasar buat mengkritik dan mengajukan pendpat. bagaimana tanggapan kalian setelah melihat gambar headline diatas? tentu bikin emosi. Saya memang bukan mahasiswa ilmu sosial apalagi ilmu politik. Tapi, saya ingin berbagi keresahan saya tentang bagaimana cueknya pemerintah terhadap ilmuwan. Sikap acuh tak acuh pemerintah ini juga sangat kelihatan terutama saat pandemi COVID-19 ini. Lihat saja, saat masih ada satu kasus COVID-19 di Indonesia

OSN SMP DIY 2014 - Hai, Bukittinggi!

19 Mei 2014, masih saja kepikiran teori kemarin, bisa nggak ya menyangga nilai praktikum yang sudah ga karu-karuan. tapi segala sesuatu memang ada hikmahnya, aku bisa bangun lebih pagi, bergegas merajai kamar mandi dan membangunkan teman-teman sekamarku, karena pukul setengah 6 harus sudah sarapan. dan seperti biasa, aku meng- sms teman-temanku lalu turun ke restoran bersama-sama dan mencari kontingen DIY lainnya agar bisa satu bis. dan misi ini berhasil, ke-15 anak DIY yang terkenal kompak (?) berhasil mendapatkan satu bis untuk mereka tumpangi. sesekali aku lihat ada anak dari provinsi lain mengira masih banyak tempat kosong, tapi tidak jadi. sepertinya yang menumpang bis dengan anak-anak yang terkenal berisik ini hanya mereka yang datang terlambat. di perjalanan, kami dimanjakan dengan pemandangan yang indah. dan kami ga merasa bosan karena selalu saja ada momen absurd yang dibuat ke-15 anak ini. mulai rebutan stik bawang *ceritanya pada kelafaran, rebutan tab buat mainan game d